.

SELAMAT DATANG di DUNIA TOWER, blog yang berisi Artikel-artikel yang berhubungan dengan TOWER

Rabu, 09 Juni 2010

Sekilas Tentang Radiasi

Radiasi adalah pancaran energi melalui suatu materi atau ruang dalam bentuk panas, partikel atau gelombang elektromagnetik/cahaya (foton) dari sumber radiasi. Ada beberapa sumber radiasi yang kita kenal di sekitar kehidupan kita, contohnya adalah televisi, lampu penerangan, alat pemanas makanan (microwave oven), komputer, dan lain-lain.

Radiasi secara umum dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu

  • Radiasi pengion adalah radiasi yang dapat menyebabkan proses ionisasi (terbentuknya ion positif dan ion negatif) apabila berinteraksi dengan materi. Yang termasuk dalam jenis radiasi pengion adalah partikel alpha, partikel beta, sinar gamma, sinar-X dan neutron. Setiap jenis radiasi memiliki karakteristik khusus.
  • Radiasi Non-Pengion adalah jenis radiasi yang tidak akan menyebabkan efek ionisasi apabila berinteraksi dengan materi. Radiasi non-pengion tersebut berada di sekeliling kehidupan kita. Yang termasuk dalam jenis radiasi non-pengion antara lain adalah gelombang radio (yang membawa informasi dan hiburan melalui radio dan televisi); gelombang mikro (yang digunakan dalam microwave oven dan transmisi seluler handphone); sinar inframerah (yang memberikan energi dalam bentuk panas); cahaya tampak (yang bisa kita lihat); sinar ultraviolet (yang dipancarkan matahari).

Dari sini kita mampu memahami, bahwa radiasi yang berbahaya adalah radiasi pengion yang mampu mengionisasi molekul – molekul di dalam tubuh kita. Namun tentu tidak serta merta semua radiasi pengion itu berbahaya. Dalam jumlah kecil, radiasi jenis ini tidak bisa menendang elektron – elektron dalam molekul kita sehingga tidak berbahaya bagi tubuh kita.

Ibarat Api, dalam jumlah yang terukur dan mampu dikendalikan, radiasi sangatlah bermanfaat bagi manusia. Namun dalam jumlah besar dan tak terkendali, radiasi bisa sangat berbahaya bagi manusia dan alam sekitarnya. Karena itulah diperlukan pengetahuan dan ilmu tentang radiasi sehingga kita dapat mengatasi bahaya dari radiasi dan mampu memanfaatkannya secara sebesar – besarnya bagi kehidupan manusia.

Radiasi memiliki sifat yang tidak dapat dirasakan, diraba atau bahkan dilihat oleh panca indera kita. Karena itulah tidak ada jalan lain untuk mengetahui dan mendeteksi radiasi selain menggunakan Alat Deteksi dan Pengukuran Radiasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar